penyakit kulit dan macamnya

Masalah Kulit Yang Paling Sering Ditemui dan Cara Mengatasinya

Penyakit kulit sangat  rawan terjadi di negara tropis seperti Indonesia. Ada beberapa jenis keluhan kulit yang bahkan bisa mudah menular dan sering terjadi. Penularan ini bisa terjadi lewat udara, kontak langsung kulit dengan kulit atau juga benda-benda yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Penyakit Kulit Yang Paling Sering Ditemui

penyakit kulit yang sering ditemui

Beberapa penyakit dan keluahn kulit tentu sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia. Selain faktor kuman, bakteri dan virus, ada faktor lain yang mempengaruhi. Salah satunya ialah gaya hidup yang kurang bersih. Beberapa contoh penyakit menular pada kulit adalah :

  • Varicella => Disebut juga dengan cacar air yang disebabkan oleh virus.. Meskipun kejadian cacar air menurun dari waktu ke waktu, masih ada beberapa anak yang mengalami cacar air setiap tahun. Penyebabnya adalah karena infeksi virus varicella zoster.
  • Cacar api => Penyakit ini sering pula disebut dengan cacar ular. Penyebabnya adalah disebabkan oleh virus yang bsia mneular akibat sistem kekebalan tubuh menurun. Orang yang mengalami cacar air dapat menyebarkan virus ini kepada siapa saja. Risiko penyebaran akan berkurang jika lepuh ditutup, tidak dibiarkan terbuka. Setelah lepuh kering, penyakit tidak lagi menular.
  • Kudis => Penyakit ini bisa menyebabkan ruam gatal di antara jari-jari, di sekitar pinggang atau pusar. Bahkan bisa penyakit ini ditemui pula pada area lutut atau di pantat. Penyebabnya adalah tungau kecil yang disebut Sarcoptes scabei yang bisa menyebar melalui pakaian, handuk atau sabun yang digunakan bersama.
  • Kurap => Penyakit menular ini disebabkan oleh jamur. Infeksi yang disebabkan oleh penyakit ini akan terasa lebih gatal saat berkeringat. Selain itu, kondisi ini juga lebih rentan terhadap lipatan tubuh yang basah.
  • Kutil => Penyakit ini adalah pertumbuhan berlebih dari kulit karena infeksi virus di lapisan atas kulit. Virus yang menyebabkan kutil ini dikenal sebagai human papillomavirus (HPV). Virus sangat mudah menular apalagi lewat kontak langsung antara kulit.
  • Impetigo => Penyakit ini sering ditemui pada anak di bawah usia lima tahun. Bakteri yang menyebabkan impetigo tumbuh subur di tempat yang hangat dan lembab. Penularannya bisa melalui kontak antara kulit. Bisa pula infeksi terjadi luka dan gigitan serangga.

Cara Mengatasi Penyakit Pada Kulit

mengobati penyakit kulit

Penyakit pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal. Beberapa diantaranya adalah reaksi alergi, gigitan serangga atau kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah. Beberapa pilihan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah :

  • Lidah buaya => Bahan alami ini dapat dioleskan langsung ke kulit yang teriritasi dan gatal. Lidah buaya dapat membantu mengatasi rasa gatak dan mempertahankan hidrasi dan kelenturan kulit. Hal ini karena lidah buaya mengandung air yang sangat tinnggi serta bersifat anti mikroba.
  • Cuka sari apel =>  Bahan alami ini dapat mengobati kulit gatal akibat reaksi alergi. Oleskan satu sendok teh cuka sari apel ke kulit yang gatal. Selain itu, pemakaiannya bisa pula dengan merendam bagian kulit yang gatak pada cuka ini. Sifat antiseptik dari cuka ini membantu meringankan infeksi pada kulit.
  • Minyak kelapa => Kandungan protein minyak kelapa dapat membantu regenerasi sel-sel kulit. Selanjutnya akan mampu memperbaiki kulit yang rusak untuk mencegah masalah kulit seperti iritasi.
  • Oat => Bahan ini bersifat melembabkan kulit. Oat juga mengandung senyawa aramid yang berfungsi mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Selain itu, oat juga bisa jadi obat alami untuk eksim dan psoriasis.
  • Baking soda => Bahan ini adalah obat alami yang juga baik untuk ruam kulit yang gatal. Tambahkan secangkir baking soda dalam mangkuk berisi air dingin dan rendam tubuh selama sekitar setengah jam.  Selain itu, bisa juga dengan mengompres area kulit yang gatal dengan handuk yang telah direndam dalam air soda kue untuk meringankan gejala penyakit kulit.

Agar tidak terkena penyakit kulit diatas maka biasakan hidup sehat dan bersih. Merawat kulit secara teratur menggunakan lotion pemutih kulit dengan bahan terbaik dan alami akan mampu menekan resiko terkena berbagai penyakit kulit yang berbahaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *