penghilang daki dan kotoran di kulit

Apa Itu Daki di Kulit dan Bagaimana Cara Menghilangkannnya

Penghilang daki sangat dibutuhkan membuat kulit nampak lebih segar, bersih, dan sehat. Daki sendiri adalah bagian dari kulit yang merupakan stratum korneum yang telah dilepaskan. Secara umum, stratum korneum ini akan dilepaskan secara alami sedikit demi sedikit.

stratum korneum adalah lapisan terluar epidermis yang terutama terdiri dari sel-sel mati yang tidak memiliki inti. Sel-sel mati ini terus-menerus diganti oleh sel-sel baru dari stratum germinativum (stratum basale). Sel-sel dari stratum lorneum mengandung keratin, sebuah protein yang membantu menjaga hidrasi kulit dengan mencegah penguapan air. Selain itu, sel-sel ini juga dapat menyerap air, yang membantu hidrasi lebih lanjut dan menjelaskan mengapa manusia dan hewan lain mengalami kerutan pada kulit di jari tangan dan kaki ketika berendam dalam air untuk waktu yang lama.

Penyebab Munculnya Daki Pada Kulit

penyebab munculnya daki di kulit

Daki muncul secara alami. Meskipun beberapa faktor bisa meningkatkan intensitas produksi daki pada kulit tubuh. Terutama, daki muncul di lipatan-lipatan tubuh. Penyebab munculnya daki ini sendiri beragam.

  • Yang pertama adalah karena keringat. Orang yang memiliki pekerjaan atau kegiatan fisik akan lebih banyak bekeringat. Akibatnya, ada lebih banyak daki yang menumpuk. Inilah alasan kenapa orang yang setelah berolahraga dan bekerja harus mandi. Tujuannya adalah menghilangkan daki agar tidak menumpuk dan mengganggu keindahan dan kesehatan kulit.
  • Yang kedua adalah sering terkena dabu dan polusi. Keduanya sering kali hinggap dan menjadi daki yang harus dibersihkan. Baik pada wajah maupun bagian kulit lain perlu di scrub atau dibersihkan dengan sabun.

Apakah berbahaya jika daki tidak dibersihkan? Daki pada kulit akan lebih baik jika segera dibersihkan. Karena jika tidak dikontrol, daki akan menjadi media untuk pertumbuhan bakteri. Tentu saja, hal ini dapat menyebabkan bau badan atau bahkan infeksi kulit.

Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kondisi kesehatan bertujuan mencegah kedatangan berbagai penyakit kulit.

Metode Penghilang Daki Yang Efektif

tips menghilangkan daki

Kotoran yang terdapat pada lipatan kulit atau yang sering disebut daki menunjukkan bahwa seseorang tidak memperhatikan kebersihan tubuhnya. Daki ini sendiri akan lebih banyak muncul ketika seseorang lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah.

Untuk menghilangkan daki, maka tidak perlu membeli beberapa merek sabun atau bahkan obat-obatan kimia khusus. Lakukan beberapa cara tradisional untuk menghilangkan daki dengan mudah dna efektif, seperti cara berikut ini :

  • Lulur kopi => Siapkan dua atau tiga sendok makan bubuk kopi dan campur dengan air hangat. Jika sudah mengental, aplikasikan sedikit di leher atau bagian tubuh lain dan biarkan selama 20 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.
  • Beras dan minyak zaitun => Ambil sejumput beras dan panggang dengan api sedang. Jika sudah kecoklatan, maka tumbuk sampai halus. Tambahkan perasan lemon dan beberapa tetes minyak zaitun. Lalu, gunakan sebagai scrub untuk mandi.
  • Gunakan gula => Pertama, gunakan air untuk membilas leher dan usapkan sejumput gula di atas nampan. Usap dengan lembut agar daki terkelupas. Jika dilakukan dengan rajin, daki pada kulit akan berkurang.
  • Jus mentimun => Haluskan mentimun sampai halus. Oleskan jus tersebut ke area leher yang lengket dan diamkan sebentar. Saat kering, gosok bagian tersebut untuk mengangkat daki. Kulit akan menjadi lebih segar dan sel kulit mati akan diperbarui.
  • Air lemon => Lemon bisa membantu mengelupas sel kulit mati. Ambil irisan lemon dan taburkan garam di atasnya. Oleskan lemon ke kulit leher. Metode ini membuatnya lunak untuk membuat daki lebih mudah untuk diangkat.

Gunakan perawatan kulit => Cara ini adalah yang paling mudah, efektif dengan hasil yang optimal. Pilihlah perawatan kulit untuk menghilangkan daki yang menganggu. Sebelum itu, lihat dulu kandungan di dalamnya. Pastikan tak ada kandungan berbahaya sebagai penghilang daki yang aman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *