bekas luka f

Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Luka

Sebagian orang menggap bahwa bekas luka adalah hal yang begitu mengganggu penampilan. Hal tersebut tentunya membuat kita tak cukup percaya diri – satu yang dipikirkan saat itu adalah bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang terlihat. Meskipun sebetulnya tak usah Anda merasa minder karena bekas luka tersebut.

Untuk mendapatkan kulit yang terlihat mulus dan bersih, banyak orang  yang melakukan banyak cara terutama supaya terbebas dari bekas luka. Hal tersebut biasanya dimulai dari menggunakan krim yang dirasa ampuh menghilangkan noda (bekas luka), bahan-bahan alami penghilang bekas luka, bahkan dengan cara medis sekalipun.

Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

menghilangkan bekas luka

Membebaskan kulit dari bekas luka secara alami memang lebih sulit dibandingkan dengan cara lainnya. Akan tetapi, cara ini adalah cara paling aman dan tidak mengakibatkan risiko terlalu buruk. Di bawah ini merupakan bahan-bahan alami penghilang bekas luka yang dapat digunakan:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang dipercaya banyak memiliki manfaat. Dalam hal ini ternyata lidah buaya juga dapat menjadikannya bahan alami sebagai penyamar bekas luka. Selain itu,  lidah buaya juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah. Cara menggunankan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan mengoleskannya ke bagian kulit yang dikehendaki secara dipijat dengan gerakan memutar. Setelahnya, diamkan sampai kering (sekitar 30 menit). Jika sudah kering, maka bilas dengan bersih. Karena lidah buaya merupakan bahan alami, maka perawatan seperti ini harus dilakukan dengan rutin dan teratur (dua kali sehari).

2. Madu

Madu memiliki manfaat yang luar biasa. Selain itu, bahan ini juga diduga dapat mengatasi bekas luka pada kulit. Caranya adalah dengan mengoleskannya di bagian kulita yang terdapat bekas luka, lalu balut dengan menggunakan perban dan mendiamkannya semalaman kemudian basuh dengan menggunakan air hangat ketika bangun tidur. Lakukanlah hal ini setiap kali hendak tidur. Jika perawatan seperti ini dilakukan dengan rutin, maka perlahan bekas luka di wajah akan memudar secara perlahan.

3. Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu zat yang juga dipercaya dapat menghilangkan bekas luka. Vitamin yang satu ini mengandung keloid, yakni salah satu zat yang memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan, hal tersebut dibuktikan oleh salah satu penelitian. Untuk menyamarkan bekas luka, Anda dapat menggunakan vitamin E yang berbentuk salep, suplemen, atau krim. Selain itu  vitamin E juga bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan yang mengandung senyawa tersebut di dalamnya.

Menghilangkan Bekas Luka Secara Medis

menghilangkan bekas luka

Apabila upaya menghilangkan bekas luka secara alami tidak membuahkan hasil apa pun, Anda dapat mencobanya dengan cara medis. Cara yang diterapkan melalui metode ini akan berbeda-beda tergantung dengan bekas luka seperti apa yang tengah dialami. Di bawah ini merupakan cara medis supaya bekas luka di kulit Anda dapat hilang:

1. Mikrodermabasi

Proses penghilangkan luka seperti ini biasanya dapat dilakukakn oleh dokter kecantikan atau spesialis kulit. Metode menghilangkan bekas luka mikrodermabasi dilakukan untuk bekas luka  yang tidak terlalu  berat seperti bekas jerawat, bintik penuaan, garis halus, dan wajah kusam.

2. Laser Resurfacing

Laser resurfacing merupakan salah satu metode kecantikan untuk membebaskan kulit dari bekas luka. Penggunaan laser untuk metode ini bisa bekerja langsung menuju jarngan kolagen dalam lapisan dermis kulit.

3. Balut Tekan Bersilikon

Metode ini dilakukan untuk Anda yang memiliki luka bekas cangkok kulit akibat luka bakar yang sangat parah. Anda dapat menggunakan balut tekan yang terdapat silikon di atas bekas luka tersebut. Menggunakan metode ini untuk menghilangkan bekas luka harus berada di bawah pengawan dokter spesialis kulit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *