manfaat vitamin c

Beberapa Manfaat Vitamin C Bagi Kulit

Sebagian besar wanita sangat peduli pada kesehatan kulitnya dan tahu manfaat vitamin C bagi kulitnya. Karena kulit merupakan oragan yang sangat penting dan paling berpengaruh untuk penampilan luar. Salah satu cara merawat kulit adalah dengan vitamin C. Bagaimana cara mengetahui manfaat vitamin C pada kulit? Vitamin C merupakan senyawa yang dapat membatu menambah serta memproduksi kolagen – di mana kolagen dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, serta dapat menjaga hidrasi kulit.

Mengapa Vitamin C Sangat Penting bagi Kulit?

manfaat vitamin c

Manfaat vitamin C untuk kulit juga dapat dirasakan saat kita mengonsumsi maupun mengaplikasikannya secara langsung ke kulit. Sebab, vitamin yang satu ini juga merupakan salah satu antioksidan di mana zat tersebut mempunyai peran penting bagi kesehatan kulit dan dapat menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, banyak produk kecantikan kulit yang menambahkan vitamin C lebih banyak ke dalamnya, termasuk krim anti-aging untuk memperlambat proses penuaan.

Krim dan Serum yang Mengandung Vitamin C

manfaat vitamin c

Selain cream pemutih, lotion, dan juga pelembap, produk-produk kecantikan menawarkan manfaat vitamin C ini dalam bentuk serum. Vitamin C sering dikenal dengan sebutan asam askrobat yang juga berfungsi sebagai pencegah sinar matahari yang dapat membakar sel-sel di kulit wajah bila terkena sinar UVA dan juga UVB.

Jadi bagaimana cara kerja kandungan pada lotion pemutih, cream pemutih, dan serum yang mengandung vitamin C? Zat yang ada pada vitamin C berfungsi untuk melembapkan, menjaga dari radiasi sinar matahari yang membahayakan, mencegah penuaan pada kulit, dan sebagainya. Alasan-alasan itulah yang membuat para wanita berlomba-lomba dalam menggunakan krim dan serum wajah berbahan dasar vitamin C.

Manfaat Vitamin C untuk Penyembuhan Luka

manfaat vitamin c

Belum banyak orang yang mengetahui fungsi lain vitamin C untuk penyembuhan luka. Zat tersebut sudah biasa digunakan untuk terapi oral luka tekan dan juga yang mengalami luka bakar. Hal tersebut dipercaya dalam dunia kedokteran. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa vitamin C dapat meningkatkan sintesis kolagen serta mengurangi respons inflamasi di daerah kulit yang kena luka. Sifat antioksidan yang melekat pada vitamin C tersebutlah yang dapat mempercepat penyembuhan akibat kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penyembuhan ini dilakukan dari dalam. Semakin Anda banyak mengongsumsi makanan mengandung vitamin C, proses penyembuhan pun akan cepat – begitu pun sebaliknya. Orang yang memiliki kadar vitamin C rendah akan memerlukan waktu lama untuk sembuh.

Menutrisi Kulit dan Melembapkan Kulit

vitamin c

Vitamin C juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi dan dapat menjaga kelembapan pada kulit. Asupan tinggi vitamin C juga sangat berhubungan dengan penurunan risiko kulit kering. Maka dari itu, untuk mendapatkan kulit yang terjaga kelembapannya, asupan vitamin C dari dalam dan luar tubuh harus terpenuhi. Selain itu zat tersebut bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan pembuluh di bawah kulit yang akan membawa oksigen dan nutrisi ke sana.

Manfaat Vitamin C Sebagai Pencegah Keriput

manfaat vitamin c

Sebuah penelitian membuktikan bahwa jika seseorang mendapatkan asupan nutrisi dari vitamin C yang cukup, maka risiko penuaan pada kulit, seperti munculnya keriput di wajah akan berkurang. Kulit pun akan terlihat lebih muda. Selain itu, penggunaan produk yang mengandung banyak vitamin C secara teratur dalam pemakaian sekitar 12 minggu  terbukti dapat mencegah keriput, meengurangi kekasaran kulit, dan mengurangi kerusakan serat protein pada lulit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *