kosmetik berbahaya yang mengancam kesehatan

Ciri dan Dampak Kosmetik Yang Merusak Serta Berbahaya Bagi Kulit

Keberadaan kosmetik berbahaya bisa sangat merugikan, terutama bisa merusak kulit wajah dan tubuh anda. Kandungan kimia di dalamnyalah yang membuat anda harus berhati-hati ketika membeli produk kecantikan. Maka sangat penting bagi siapa saja untuk mengenal ciri produk make up yang berbahaya dan juga memberi dampak buruk bagi kulit. Selain itu, kenali pula dampak-dampak yang ditimbulkan karena kesalahan dalam memilih kosmetik.

Ciri dari Kosmetik Berbahaya

ciri kosmetik berbahaya

Meskipun menjanjikan kulit putih dalam waktu singkat, namun tidak semua produk aman diaplikasikan pada kulit wajah. Hal ini tak lain karena kandungan bahan berbahaya di dalamnya. Bukannya kulit putih merona, namun akibatnya justru bisa membuat kulit jadi rusak. Maka, kenali ciri krim dan kosmetik yang berbahaya bagi kulit, seperti sebagai berikut :

  • Teksturnya tebal dan sulit diserap kulit => Bahan kimia berbahaya cenderung memiliki konsentrasi pekat dan tebal. Sebelum membeli, coba oleskan di tangan dan perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meratakannya di kulit. Jika semakin lama meresap, maka produk tersebut harus dicurigai.
  • Tidak memiliki izin BPOM => Perhatikan kemasan krim dan lihat apakah produk memiliki izin distribusi BPOM atau tidak. Jika tidak ada, maka produk tersebut tidaklah direkomendasikan untuk dibeli.
  • Warna terlihat  menarik atau cerah => Krim berbahaya cenderung memiliki warna cerah. Hal ini karena sebagian produk memakai pewarna tekstil yang berbahaya jika digunakan untuk kulit. Warna krim juga terkadang tidak merata dengan tekstur yang cenderung kental.

Dampak Buruk Kosmetik Berbahaya

dampak kosmetik berbahaya

Ada banyak produk kosmetik yang beredar tanpa ijin BPOM. Hal inilah yang membuat siapa saja wajib teliti sebelum membeli. Baik kosmetik berbahan bahaya, kosmetik palsu, atau kosmetik yang habis kadarluarasanya, maka bisa menimbulkan bahaya. Beberapa dampaknya pada kulit adalah sebagai berikut :

  • Menimbulkan kerusakan pada kulit => Kerusakan kulit bisa ditandai dengan munculnya jerawat di hampir seluruh wajah.
  • Timbul iritasi kulit => Gejala ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, gatal, terasa panas, dan nyeri. Ada pula yang disertai dengan pembengkakan pada wajah. jika muncul gejala tersebut maka harus dihentikan penggunaannya.
  • Kanker kulit dan penyakit serius lainnya => Ada beberapa bahan perawatan kulit dan peralatan rias yang benar-benar aman digunakan dengan dosis tertentu. Namun dalam kosmetik palsu, bahan-bahan tersebut digunakan secara berlebihan. Akibatnya adalah akan merusak kulit hingga menimbulkan penyakit kanker.

Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Bagi Kulit

lotion arisha kualitas terbaik

Cara terbaik untuk menghindari kosmetik yang berbahaya adalah dengan menjadi pembeli yang cermat. Meskipun ada banyak produk kosmetik yang berbahaya yang beredar, tentunya masih bisa dihindari dengan tips berikut ini :

  • Perhatikan komposisi produk => Baca dengan cermat setiap komposisi dan kandungan pada lotion pemutih dan produk kosmetik. Kosmetik palsu seringkali tidak memasukkan bahan apa yang digunakan. Oleh karena itu, produk kosmetik tanpa label dan tanpa informasi komposisi produk adalah tidak direkomendasikan.
  • Pastikan ada ujin BPOM =>  Jika masih ragu apakah nomor registrasi BPOM pada produk itu asli, maka bisa diperiksa di situs web resmi BPOM. Selain itu, pastikan pula bahwa produk tersebut memiliki sertifikat halal yang membuatnya semakin terpercaya.
  • Berhati-hatilah dengan produk diklaim sebagai produk impor => Nyatanya, ada banyak produk yang mengklaim sebagai produk impor dan menggunakan label bahasa asing. Pada beberapa kasus, pernyataan tersebut hanya tipuan.
  • Beli kosmetik di toko resmi => Pembelian kosmetik tidak mengharuskan untuk langsung pergi ke toko atau mal. Banyak perusahaan kosmetik yang membuka toko online melalui situs web resmi. Cara ini bisa menghindarkan diri dari pembelian kosmetik berbahaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *