kanker kulit

Berapa Penyebab Penyakit Kanker Kulit

Sebagian masyarakat di dunia sedang gencar mempermasalahkan salah satu penyakit, yakni kanker kulit. Hal itu bisa disebabkan karena adanya perubahan iklim yang ekstrem di beberapa bagian bumi. Kondisi tersebut rupanya dapat memengaruhi kemampuan tubuh manusia hingga berlanjut ke beberpaa penyakit yang membahayakan.

Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini dikarenakan adanya kerusakan pada jaringan Deoxyribonucleic Acid atau DNA pada kulit yang berakibat terjadinya mutasi genetik. Hal tersebut pada akhirnya menghasilkan tumor karena sel kulit mengubah dirinya ke jumlah yang lebih banyak (ganda).  Selain itu, kanker kulit juga dapat dipacu oleh zat beracun jika mengenai tubuh atau Anda memiliki sistem imun (kekebalan) yang lemah sehingga rentan terkena penyakit.

Gejala Kanker Kulit

kanker kulit

Terdapat beberapa tanda serta peringatan bahwa seseorang mengalami kanker kulit. Umumnya, penyakit ini dapat dilihat dari adanya perubahan kondisi pada kulit. Contohnya seperti adanya benjolan-benjolan keci di kulit yang berwarna merah atau bertekstur kasar.

Selain itu, tanda atau gejala kanker kulit juga dapat dilihat dari kemunculan pola titik berpigmen di kulit. pola tersebut biasanya menyerupai tahi lalat bahkan bentuknya mirip dengan tahi lalat.

Infeksi Karena Bahan Kimia Bisa Sebabkan Kanker Kulit

kanker kulit

Meskipun tidak memiliki risiko yang tinggi, infeksi yang disebabkan oleh beberapa bahan kimia berbahaya pada saat kulit Anda mengalami luka, seperti luka bakar atau luka lainnya dapat menyebabkan kanker kulit. Di antara bahan kimia yang dapat memberikan risiko penyakit tersebut antara lain adalah zat arsenic dan petroleum. Kulit yang luka ditambah terkena bahan kimia berbahaya atau bisa juga terkena paparan sinar UVA/UVB menjadi salah satu pemicu penyakit kulit yang mematikan tersebut.

Proses Tanning dengan Bantuan Alat UV

kanker kulit

Selain tren kulit putih, ternyata sebagian orang juga mengikuti tren kulit gelap (tanning). Maka dari itu, banyak orang yang menggelapkan kulit dan melakukannya dengan cara yang instan, yaitu menggunakan bantuan alat UV. Namun ternyata, proses tanning ini atau penggelapan kulit dengan alat khusus ternyata adalah salah satu pemicu penyakit kanker yang lebih sering terjadi.  Selain itu, paparan sinar UV secara langsung secara terus menerus juga dapat menyebabkan penuaan dini dan kalau tak hati-hati malah akan berdampak lebih parah dari itu. Ada baiknya, sebelum melakukan proses penggelapan kulit supaya berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.

Terpapar Radiasi Sinar X yang Berbahaya

kanker kulit

Selain terkana infeksi bahan kimia dan melakukan penggelapan kulit menggunakan alat UV, ternyata radiasi sinar matahari yang berbahaya juga dapat menjadi penyebab kanker kulit. Radiasi sinar X yang cukup lama akan memberikan kondisi sindrom nevus sel basal atau xeroderma pigmentosum. Kondisi tersebutlah yang menjadi pemicu kanker kulit.

Kurangnya Proteksi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Langsung

kanker kulit

Sinar matahari memiliki komponen yang berbahaya bagi kulit, seperti UVA dan UVB. Kedua komponen tersebut dapat menjadi penyebab rusaknya DNA dalam sel kulit. Biasanya, sinar matahari akan menyimpan atau menumbuhkan sel yang dapat mengontrol DNA, salah satunya sel kanker. Jika kulit terlalu sering dan menerima paparan sinar matahari secara langsung, maka risiko untuk mengalami kanker kulit sangat tinggi.

Sinar matahari memang sangat penting bagi tubuh, namun terdapat beberapa waktu di mana sinar matahari justru dapat membahayakan (sekitar di atas jam 10 sampai jam 5 sore). Maka dari itu, jika Anda berniat keluar saat waktu-waktu tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan produk skincare atau perlindungan kulit seperti suncream atau sunblock sekitar 10 sampai 15 menit sebelum beranjak ke luar rumah.

Pola Makan yang Buruk Berisiko Sebabkan Kanker Kulit

kanker kulit

Memang terdengar menakutkan, namun pada kenyataannya pola makan yang buruk juga dapat menjadi penyebab kanker kulit. Apabila Anda nyaris tidak pernah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran pada menu makan Anda, maka sistem kekebalan tubuh dan imun Anda akan melemah. Hal tersebut dapat membuat sistem imun yang ada dalam tubuh Anda sulit melawan sel kanker. Untuk itu, pastikan konsumsi buah-buahan atau sayuran organik untuk memperbaiki pola makan Anda.

Pengobatan yang Bisa Dilakukan

kanker kulit

Pengobatan yang dapat dilakukan terkait kanker kulit itu tergantung jenis kanker yang dialami. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan di antaranya:

  • Radioterapi
  • Obat-obatan (kemoterapi, biologi pengubahan respons)
  • Pemetaan kelenjar getah bening

Meskipun ada beberapa pengobatan atau terapi untuk penanganan kaker kulit, hal pertama yang mesti dilakukan adalah pencegahan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *