ciri dan penyebab kulit berminyak

Tips dan cara mengatasi Kulit Berminyak Yang Mengganggu Penampilan

Ciri dan penyebab kulit berminyak sangat penting untuk diketahui. Salah satunya ialah sebagai panduan untuk memilih produk perawatan yang paling tepat. Pasalnya banyak yang kurang memperhatikan kondisi kulit sebelum membeli sebuah produk. Maka kenali dulu ciri serta juga penyebab kenapa kulit bisa menjadi berminyak.

Ciri dan Penyebab Kulit Berminyak

penyebab dan ciri kulit berminyak

Kulit berminyak bukan berarti kulit tidak sehat. Namun kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Bahkan kondisi ini membuat pemakaian rias wajah kurang sempurna. Untuk itulah, kenali ciri dan penyebab kondisi kulit ini sebelum mulai membeli produk untuk wajah.

Ciri dari Kulit Berminyak

Kondisi kulit ini akan membuat seseorang merasa berminyak di seluruh wajah. Untuk memastikannya maka bisa dengan mengaplikasikan tisu. Kulit berminyak akan meninggalkan bekas pada tisu. Secara umum inilah ciri kulit wajah dengan kondisi ini :

  • Cenderung memiliki pori-pori besar
  • Tekstur kulit wajah kasar
  • Permukaannya menyerupai kulit jeruk
  • Kulit akan nampak berkilau terutama saat dilihat di bawah cahaya
  • Minyak kadang dapat terlihat
  • Penyebab Timbul jerawat dan komedo pada wajah

Beberapa ciri kondisi kulit di atas sering ditemui pada banyak orang. Salah satunya ialah pada usia pubertas. Karena hal tersebutlah seseorang harus mulai jeli dalam memilih produk perawatan yang tepat untuk mengambalikan kondisi kulit agar normal kembali.

Penyebab dari Kulit Berminyak

Kelebihan minyak pada kulit wajah akan menimbulkan rasa kurang percaya karena wajah akan terlihat kusam dan berkilau. Wajah berminyak juga akan mengendapkan debu dan kontaminasi pada wajah. Akibatnya, pori-pori wajah tertutup dan jerawat bsia muncul. Kondisi wajah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti :

  • Pola makan yang salah => Minyak berlebih pada wajah bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Konsumsi gula dan makanan berlemak yang terlalu tinggi adalah contohnya.
  • Perubahan hormon => Hal ini bisa terjadi di usia remaja atau pubertas.  Perubahan hormon juga dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada wajah.
  • Salah memilih kosmetik => Jangan pakai produk dengan bahan berbahaya. Hal ini dapat menghasilkan minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitive. Lakukan percobaan dengan bagian-bagian tangan sebelum memutuskan membeli kosmetik tertentu.
  • Faktor genetik / keturunan => Orang tua yang memiliki keturunan genetik untuk menghasilkan minyak berlebih dapat menurunkan anak-anak mereka. Hal ini tidak bisa dicegah, tetapi masih bisa diatasi dengan pemakaian produk tepat dan pola hidup yang sehat.
  • Pengaruh lingkungan => Perubahan lingkungan juga dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit. Cuaca yang lembab membuat kulit mudah berkeringat dan berminyak. Jadi, harus lebih sering membersihkan wajah dan menggunakan produk untuk mengatasi kelebihan minyak tersebut.
  • Pengaruh stress => Pada kondisi ini, kulit akan menghasilkan hormon androgen berlebih yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Maka, menjaga kesehatan mental juga sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

tips cara mengatasi dan mengobati kulit berminyak

Beberapa penyebab kulit berminyak di atas sering kali tak disadari. Sebagai solusi, kenali cara mnegatsi kondisi kulit wajah berminyak tersebut. Solusinya bisa dari luar maupun dalam.

Jika dari luar bisa dengan tepat memilih sabun cuci wajah kusus kulit berminyak. Lengkapi pula dengan pemilihan lotion yang tepat.

Sedangkan untuk upaya dari dalam ialah dengan menghindari makanan berlemak, pedas dan makanan cepat saji. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah-buahan seperti mentimun, jeruk, alpukat dan berbagai sayuran untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Dengan mengetahui ciri dan penyebab kulit berminyak maka akan lebih mudah untuk memiliki kulit lebih sehat.  Selanjutnya, rasa percaya diri pun akan kembali lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *